1 min read

Kandungan Sianida Dalam Biji Apel

Doc. runnersworld.com

Tau gak sih kalau biji apel mengandung sianida?

Sianida merupakan senyawa kimia beracun yang dapat menyebabkan keracunan pada manusia dan sianida ini dapat ditemukan pada berbagai jenis tanaman, salah satunya biji apel loh! Menurut penelitian pada tahun 2015, biji apel mengandung amygdalin yang mana pada 1 gram biji apel bisa mengandung berkisar antara 1-4 miligram amygdalin.

Meskipun kandungan sianida dalam biji apel sangatlah kecil, namun potensi risiko kesehatan dari keracunan sianida juga harus diperhatikan. Kalau biji apel dikunyah atau rusak, amygdalin pada biji apel akan terurai menjadi sianida. Namun, untuk mengalami keracunan sianida, seseorang harus mengkonsumsi biji apel dalam jumlah besar. Seseorang harus mengunyah dan mengonsumsi sekitar 200 biji apel atau sekitar 40 inti buah untuk mengalami keracunan sianida.

Lantas, apa yang harus dilakukan jika seseorang keracunan sianida?

Keracunan sianida dapat berakibat fatal dan dapat membuat seseorang kehilangan nyawanya. Gejala yang dapat terlihat seperti kesulitan bernafas, kejang, hilang kesadaran, perubahan warna kulit menjadi kemerahan, tekanan darah rendah, bahkan henti jantung. Paparan sianida juga dapat menyebabkan sel-sel tubuh kekurangan oksigen sehingga fungsi sel-sel terganggu dan tidak berfungsi.

Hal yang dapat dilakukan jika melihat atau menemukan seseorang teridentifikasi keracunan sianida adalah dengan membawa orang tersebut ke ruangan terbuka dan lakukan teknik resusitasi jantung paru (RJP) dan segera hubungi pihak medis agar ditangani lebih lanjut. Perlu diingat bahwa jangan pernah memberikan bantuan napas dari mulut ke mulut pada orang yang dikira keracunan sianida dan harus berhati-hati dengan pakaian ataupun tubuhnya.

Kandungan sianida dalam biji apel menimbulkan potensi risiko kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Tetapi, buah apel sendiri mengandung serat, vitamin C, dan berbagai antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, untuk menghindari risiko keracunan sianida, sebaiknya biji apel tidak dikunyah atau dikonsumsi.

Reporter: Ralana

Penyunting: Mikupi

#natural
#naturalunila
#persmahasiswa
#salampers
#fmipaunila
#akucintaunila
#unila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *