2 mins read

Sosialisasi Pembuatan Pupuk Organik Sebagai Pengurangan Penggunaan Pupuk Kimia oleh Mahasiswa KKN MBKM FMIPA Unila

Doc. naturalunila.com

Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Lampung (Unila) Melakukan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada 03 Januari sampai 11 Februari, di Desa Rejomulyo, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan.

KKN adalah suatu implementasi teori yang diperoleh mahasiswa dari setiap Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia sehingga bermanfaat serta dapat diterapkan kepada khalayak masyarakat.

Pelaksanaan KKN Unila terdapat 2 periode. Periode pertama dilaksanakan pada awal tahun, dan periode kedua dilaksanakan pada pertengahan tahun.

Sayyid Amanullah Ghani, salah satu mahasiswa KKN FMIPA Unila dari Jurusan Kimia bersama 6 rekan tim lainnya dari jurusan yang berbeda, telah melakukan kegiatan KKN MBKM periode pertama di Desa Rejomulyo, Jati Agung, Lampung Selatan selama 40 hari.

Sayyid bersama timnya membawa 10 program kerja (progja) dengan 7 program kerja matriks dan 3 program kerja non matriks, dengan tema terkait lingkungan dan berhasil terlaksana dengan baik.

Alasan mereka mengambil tema lingkungan adalah karena potensi yang ada di Desa Rejomulyo adalah pertanian, perkebunan, dan peternakan serta penggunaan pupuk kimia yang masih banyak digunakan.

“Untuk program kerjanya kami membawa tema terkait lingkungan, karena potensi di desa itu terkait pertanian, perkebunan serta peternakan, permasalahannya juga disana masih menggunakan pupuk kimia, sehingga kami mencari ide bagaimana caranya untuk mengurangi penggunaan bahan kimia itu sehingga terbesit ide untuk membuat pupuk organik dari bahan alam.” jelas Sayyid saat tim Natural wawancarainya beberapa hari lalu.


Progja yang mereka jalankan beberapa diantaranya adalah sosialisasi pengolahan sampah anorganik, mengajar untuk siswa tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), sosialisasi kesehatan terkait stunting, magic sains, serta pengaplikasian pupuk organik dari sampel tanaman. Tidak hanya itu, tim KKN FMIPA ini juga melakukan kegiatan pengajian dan gotong royong bersama masyarakat sekitar.

Selama masa KKN, Sayyid bersama timnya tentu saja mengalami beberapa kendala, namun hal tersebut tidak menjadi penghalang bagi mereka untuk bersemangat dalam menyelesaikan progja yang telah mereka buat.

“Program kerja yang paling bermanfaat bagi saya adalah pengolahan Pupuk Organik yang diaplikasikan pada tanaman untuk mengurangi penggunaan bahan kimia.” tambah Sayyid.

Sayyid berharap agar warga Desa Rejomulyo dapat mengimplementasikan pembuatan pupuk organik yang telah mereka sosialisasikan.

“Dan pesan untuk para mahasiswa, kerjakan program kerja yang telah dibuat dengan semaksimal mungkin, jika ada masalah baik itu dengan tim ataupun dengan warga segera diselesaikan dengan musyawarah. Selalu menjaga etika dimana pun kalian ditempatkan nanti”. tutup Sayyid mahasiswa FMIPA jurusan Kimia.

Reporter: Star dan Yoon
Penyunting: Amara
Pemotret: Mahasiswa KKN FMIPA

#natural

#naturalunila

#persmahasiswa

#salampers

#fmipaunila

#akucintaunila

#unila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *