1 min read

Kurangnya Konsentrasi saat Belajar, Dapat Alami Burnout

pngtree

Apakah Sobat Natural sering mengalami kesulitan berkonsentrasi? Atau kamu tidak memiliki cukup energi untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan? Kalau iya, bisa jadi Sobat Natural sedang mengalami Burnout Syndrome.

Dilansir dari American Psychology Association (APA), istilah burnout dikaitkan dengan ketidakpuasan bekerja, rendahnya komitmen terhadap pekerjaan yang ditandai dengan adanya kelelahan emosional, serta sikap dan perasaan ngatif terhadap rekan kerja dan peran pekerjaannya.

Dalam lingkungan perkuliahan, mungkin saja mahasiswa mengalami burnout karena beberapa hal. Seperti, tugas-tugas kuliah, kegiatan kampus yang bersifat eksternal ataupun internal, dan lainnya. Burnout dapat menjadi masalah serius jika tidak diobati. Misalnya dapat mengganggu masalah kesehatan fisik, hipertensi, gangguan tidur, gangguan pencernaan, dan ketegangan otot.

Untuk menangani hal tersebut, Sobat Natural perlu mengadakan evaluasi pola kebiasaan dalam bekerja, membuat “to do list” atau rencana yang akan dikerjakan, mencari dukungan sosial yang dapat membangun hidup, dan meninggalkan lingkungan yang sekiranya kurang sehat “toxic“.

Reporter: Caramel

Penyunting: Mikupi

#natural

#naturalunila

#persmahasiswa

#salampers

#fmipaunila

#akucintaunila

#unila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *