1 min read

Melestarikan Burung Sumatra dengan Aksi, HIMBIO Gelar PKSDA XXVI

 

 
Dok. Natural

Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMBIO), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Lampung (Unila) menggelar acara tahunan Pekan Konservasi Sumber Daya Alam (PKSDA) XXVI dengan tema “Membangun Sinergi, Burung Sumatra Lestari”. Senin (01/08), di lingkungan FMIPA.

Acara pembukaan ini dihadiri oleh Perwakilan Dinas Kehutanan, Ketua Badan Prestasi Mahasiswa Unila, Dekan FMIPA, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Ketua Jurusan, Sekertaris Jurusan, Ketua Program studi S-1 Biologi, Ketua Program studi S-1 Biologi Terapan, Pembina HIMBIO, Dosen FMIPA, perwakilan Ikatan Alumni Biologi (IKABI), dan perwakilan dari beberapa Lembaga Kemahasiswaan (LK) FMIPA.

.

.

Acara ini berlangsung sepekan dari tanggal 1-7 Agustus 2022 dengan rincian kegiatan yaitu, tanggal 1-3 Agustus pameran dan bazar, tanggal 3 Agustus Aksi Lingkungan di Taman Hutan Raya Wan Abdurrahman Hanura Pesawaran, tanggal 4 Agustus Aksi Lingkungan di Kemiling, tanggal 2 dan 5 Agustus Olimpiade Biologi, dan tanggal 6 Agustus Webinar Konservasi.

.

.

Acara ini dibuka secara langsung oleh Pak Hartono selaku Ketua Badan Prestasi Mahasiswa Unila dengan simbolis pemukulan gong dan pelepasan dua burung merpati. Ada hal yang unik pada PKSDA tahun ini, yaitu persembahan Tari Ngelestariko Putik Sumatra dan juga ikon Burung Hantu.

Untuk icon PKSDA tahun ini menggunakan burung hantu, karena sudah jarang terlihat dan mulai punah. Burung hantu juga termasuk satwa dari Sumatra.

.

.

Rio Selaku Ketua Pelaksana berharap, “acara ini bisa bermanfaat untuk orang lain, buat masyarakat sekitar supaya sadar betapa pentingnya burung yang sangat berguna untuk kehidupan kita. Karena kita sebagai makhluk hidup, tidak bisa hidup sendiri dan membutuhkan makhluk hidup lainnya”.

.

.

.

(Sandi dan Sulis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *